Menghapus Direktori Menggunakan Command Line (Terminal) Pada Linux

Jika ingin menghapus sebuah direktori menggunakan command line menggunakan perintah “rm” kita akan mendapatkan pesan “rm: cannot remove ‘dir_name’: Is a directory” dan tidak dapat menghapus direktori tersebut.

Lalu, bagaimana cara untuk menghapus direktori tersebut?

Ada beberapa opsi yang dapat digunakan pada perintah “rm” agar dapat menghapus direktori. Untuk menghapus direktori yang berisi file ataupun direktori, kita dapat menggunakan perintah berikut:

$ rm -r nama_direktori

Pada contoh di atas, nama_direktori diganti dengan nama direktori yang akan dihapus. Misalkan kita akan menghapus direktori “masa_lalu”, maka perintahnya adalah:

$ rm -r masa_lalu

Perintah di atas akan menghapus semua file dan direktori yang berada di dalam direktori “masa_lalu”. Tetapi, akan muncul konfirmasi untuk menghapus setiap file dan direktori. Jika tidak ingin ada konfirmasi, atau jika ingin menghapus direktori tersebut langsung dan tanpa konfirmasi, gunakan perintah berikut:

$ rm -rf nama_direktori

Perintah di atas akan menghapus direktori tersebut beserta file dan direktori yang ada di dalamnya tanpa menampilkan konfirmasi ataupun pesan. Cara ini hanya disarankan jika anda sudah yakin untuk menghapus setiap file dan direktori di dalam direktori yang akan anda hapus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s